Rabu, 07 November 2012

Tips Memilih Tour Agent yang Berkualitas

TIPS MEMILIH TOUR AGENT YANG BERKUALITAS

Perkembangan tour agent sekarang di Indonesia khususnya di Jawa dan Bali jangan ditanya lagi berapa biji jumlahnya saking pesat dan kadang under control. Bahkan ada yang nekat nggak mengantongi ijin usaha tetapi masih saja buka baik secara online maupun offline. Berikut beberapa tips memilih tour agent yang berkualitas (nggak cuma sekedar punya nama) : 

1. JUJUR
Biasanya kita mengenal dan tertarik untuk ikut sebuah group tour atau menggunakan jasa tour agent itu melalui brosur, iklan, internet, bahkan info dari teman-teman/sodara-sodara yang dekat dengan kita. Kemudian kita akan mengenal lebih dalam ciri khas atau kelebihan dan kekurangan tour agent itu sendiri. 
Iklan itu sendiri dibuat bukan untuk menipu namun terkadang sengaja tidak mencantumkan hal-hal sebenarnya yang dapat menjatuhkan/mengurangi esensi dari informasi apa yang akan ditampilkan tersebut. Itu bukan pelanggaran namun kode etik yang tak tertulis adalah demikian. Tapi banyak yang melanggar !

Contoh iklan yang menyebutkan tour ke Thailand 1 juta saja. Kadang setelah kita berminat dan memastikan ternyata masih harus ditambah dengan biaya-biaya lainnya seperti airport tax domestik dan internasional, pajak, tip, biaya-biaya lainnya. Jangan-jangan malah harga tour belum termasuk tiket pesawat. Jadi total dari harga 1 juta tersebut kita harus membayar 3-4 juta lagi untuk ikut tour tersebut. Itu namanya kebohongan publik. 
Saya katakan demikian karena jumlah aslinya yang harus dibayarkan melampaui dari harga yang ditampilkan. Dan itu jelas tidak benar dan jangan ikut tour semacam itu. Kecuali, dari awal dia memberitahu dan dengan itikad baik bahwa harga tersebut hanya biaya tournya saja saat di Thailand, misalnya.
Yang saya maksud sebelumnya dengan tidak menyalahi kode etik adalah tour yang menampilkan harga pokok jelas berikut keterangannya. 

Contoh : Iklan menyebutkan tour ke Thailand 456 $USD++ Nah tanda ++ ini yang nantinya akan menjelaskan bahwa biaya tambahan lainnya berupa A, B, C, dst. Ini masih bisa ditoleran asalkan dari awal tour agent tersebut ada itikad baik. 
Belum lagi ada tour agent yang sangat jujur menyebutkan bahwa anda akan menghabiskan dana sekian kalau anda ikut tour ke Thailand misalnya. Nah itu, tour dengan ciri yang baik. Jujur dari awal, itu sebuah langkah yang baik.


2. HARGA YANG BERSAING atau COMPETITIVE PRICE
Perbanyak tanya kepada teman/saudara yang sudah berpengalaman atau kalau mampu, jelajahlah internet untuk mencari informasi. Biaya tour itu harganya macam-macam. Bisa jadi sama-sama ke Thailand tapi dengan Tour Agent A anda harus membayar lebih, ketimbang dengan Tour Agent B, dan demikian selanjutnya. Hal tersebut disebabkan oleh 2 hal pasti : Yang pertama, paket yang ditawarkan tidak sama, berikut layanan hotel berbintang, dan lain-lain. Yang kedua, hal tersebut disebabkan karena persaingan dunia bisnis. 
Saran saya, cari harga murah sih sah-sah saja, asalkan anda tahu dan anda yakin anda tidak akan kecewa di kemudian hari. Nggak enak kan kalau ikut tour isinya gerundelan melulu ?!
Yang enak adalah dapat tour dengan harga murah yang isinya bagus.


3. TELITI
Kalau anda ikut tour, anda akan mendapatkan yang namanya itinerary yang berisi tentang anda akan tour kemana saja, dapat makan nggak pagi, siang, sore, atau malam. Yang pasti sih tentang tour kemana saja itu yang jadi masalah. Tour itu dibagi dua secara bahasa : Pertama, mengunjungi. Kalau bahasanya mengunjungi jelas itu akan visit ke tempat tersebut kemudian anda bisa foto-foto, mendengarkan sejarah dari guide lokal misalnya, beli souvenir, dll. Kedua, melewati.  Itu artinya, anda hanya melewati, tidak akan mengunjungi tempat tersebut. Bisa jadi anda akan hanya melewati dengan duduk di atas bus yang berjalan.

Contoh tour yang melewati : Tour Korea
Melewati istana presiden-Blue House. Itu jelas melewati, anda tetap diatas bus sambil foto2 di atas bus dan melihat istananya dari kejauhan.Nggak bakalan bisa berhenti kecuali anda Presiden Indonesia yang diundang secara khusus ke istana. Karena penjaganya tidak memperbolehkan anda singgah di tempat tersebut.

Jadi telitilah sebelum anda membeli. Kalau perlu tanyalah sedetil mungkin kepada petugas tour agent yang menawarkan paket tersebut. Karena jangan-jangan tour yang anda ikuti bisa murah tetapi isinya cuma melihat dari atas bus doank.


4. BACA TESTIMONIAL/SHARING/INFO/PENGALAMAN USER LAINNYA
Testimonial atau sharing atau pengalaman dari orang-orang lain yang memakai jasa tour agent tersebut sudah banyak tentunya. Jangan segan-segan mencari tahu/mencari info tentang hal ini baik dari saudara-saudara atau teman-teman anda atau dari internet. Tapi satu hal pesan saya, pastikan testi tersebut asli dan tidak menipu. Kalaupun ada testi yang buruk, baca dulu permasalahannya, lalu dengan kepala dingin pikirkanlah kalau itu anda, apakah anda akan berbuat yang sama. Karena tidak setiap orang yang mengadu/testi buruk itu dapat dipercaya sama seperti halnya testi yang baik. Jadi apapun bentuk dan hasil testinya, anda harus mengujinya terlebih dahulu. Singkirkan niatan/pikiran buruk di dalam benak kita, berpikir netral, kemudian ikuti kata hati, apakah anda akan ikut tour tersebut atau tidak. 


5. KALAU BAGUS KATAKAN BAGUS, KALAU TIDAK KATAKAN TIDAK !
Ini adalah hal terakhir yang susah dilakukan orang Indonesia baik dari kalangan bawah maupun kalangan atas. Kalaupun ada orang yang dapat melakukan hal ini, orang ini pasti sudah jadi orang sukses. 

Pribadi orang Indonesia yang bisa membuat iwak teri menjadi iwak gurami sudah dikenal luas. Beritanya hanya secuil misalnya tour guide nya terlambat sepuluh menit, bisa jadi diakhir cerita nanti jadi tour guide terlambat sejam. Ini kan tidak benar ! Makanya saya katakan, apabila anda ingin tour agent jujur kepada anda, anda harus berlaku demikian kepada tour agent. Jangan tuntut yang anda nggak bisa lakukan. Sama seperti anda menuntut anak anda makan brokoli, kalau anda sendiri tidak mau karena tidak doyan !

Anda puas atau tidak, anda bisa membagikan sharing anda melalui email kepada agent tour,  polling di kertas yang biasanya dibagikan waktu tour, atau dapat juga anda membuat blog anda sendiri. Yang penting adalah katakan kebenaran.


Tidak ada komentar: