Minggu, 28 Oktober 2012

WORLD YOUTH DAY

WORLD YOUTH DAY

World Youth Day atau disingkat dengan WYD adalah acara kaum muda katolik se dunia. Biasanya diadain tiap 2 atau 3 tahun sekali di sebuah negara yang mayoritas penduduknya beragama Katolik. Acara ini awalnya digagas oleh Paus Yohannes Paulus 2 kemudian diteruskan ke Paus Benedictus XVI. Itu deskripsi menurut saya dengan bahasa yang lebih singkat.

Sangat menarik ! Kesan saya adalah acara ini sangat menarik. Lepas dari sebuah agama atau perbedaan tetapi acara ini adalah acara yang digagas untuk sebuah perdamaian, perubahan ke arah yang lebih baik, dan sebuah ucapan syukur kepada Pencipta kita. 

Sejarah terselenggaranya WYD :
With Pope John Paul 2
1984, 1985, 1987, 1989, 1991, 1993, 1995, 1997, 2000, 2002
With Pope Benedict XVI
2005, 2008 (Aussie), 2011(Madrid), 2013(Rio de Janeiro)

Sumber pasti dapat dilihat langsung di website Vatican : klik di sini

Acaranya kurang lebih :
Diosesan (bentuknya tidak wajib karena dimulai sebelum WYD sebagai bentuk pengenalan liturgial dan budaya setempat tempat berlangsungnya acara WYD). Acaranya lebih santai dan lebih akrab.

Wajib WYD event (diadakan kurang lebih seminggu) : 
Misa Pembukaan bersama Kardinal negara tersebut.
Penyambutan Pope/Papa/Padre/Paus (pemimpin umat Katolik tertinggi di dunia)
Jalan Salib with Pope
Adorasi with Pope
Holy Mass with Pope
Perutusan dan Misa Penutupan with Pope (biasanya sekaligus diumumkan WYD berikutnya di negara mana)

Di sela-selanya akan banyak sekali acara liturgial, budaya, pameran, musik, visual video, dll tersebar di banyak tempat di kota tersebut. Seperti adorasi, misa, kontemplatif prayer, pameran lukisan keluarga kudus, kunjungan ke katedral, acara tukar budaya seperti misalnya negara asean para pesertanya saling ketemu dan share ttg kehidupan beragama di negara masing2, pertunjukan musik rohani macam konser, acara nonton video bersama rohani, dan masih banyak lagi hampir tak terhitung jumlahnya.

untuk selanjutnya tahun 2013 akan diadakan di Rio de Janeiro, Brazil.
Keterangan selanjutnya bisa lihat di : 

Sementara website persiapan dari panitia Brazil : klik di sini


FYI : 
Sekali seumur hidup saya baru pertama mengikuti Misa di jalan raya dalam kondisi matahari menyengat panasnya minta ampun. Dan ketika Sakramen Maha Kudus diangkat waktu konsekrasi, semua tua-muda-sehat-sakit menunduk dan berlutut menyembah, tidak peduli tanah atau dataran yang kita pijak itu panasnya minta ampun. Seakan-akan Tuhan melawat semua umat hari itu dan penuh haru biru menyesak di dada. 

Dalam hati saya, ada sebuah rasa yang susah dikatakan. begitu kecil ternyata saya di dunia ini, begitu berdosanya saya, dan tidak layak. Tapi Tuhan begitu hebat, begitu mempesona saya, melayakkan saya, dan memanggil saya beserta saudara-saudara yang lain melalui WYD. Yang paling amazing ya semua orang berlutut di tanah/aspal panas itu untuk menyembah Allah dalam bentuk Sakramen Maha Kudus. Nggak peduli lo panasnya kayak apa, waktu berlutut ya berlutut tanpa harus repot-repot digebah/disuruh orang lain. Itu moment antara kau dan Allah. No body else care. Thats intimacy moment paling keren menurut saya.

Sama juga keadaannya seperti pengalaman saya ikut jalan salib di jalan raya dengan panas ria juga baru pertama kali itu dengan berjuta-juta orang dari berbagai bangsa dan benua yang kadang saya nggak pernah berpikir bahwa di negara itu ada umat Katoliknya, tapi mereka ada dan datang dan celebrate with all of us.

Salibnya aja dari kayu yang berat dan harus digendong minimal 10 orang untuk mengangkat dari perhentian ke perhentian. Yang amazing, pengangkat-pengangkat tersebut bergantian secara tematik. Ada yang autis, ada korban perkosaan, korban narkoba, korban broken home, penjahat kelas kakap dan bertobat masuk Katolik, dan masih banyak yang lain. 

Saya pun kian terisak dalam tangis. (didepan umum, di jalan raya, dengan banyak orang lain juga yang terharu seperti saya)

Nggak nyesel ikut WYD. Pengalaman itu nggak terganti, nggak bisa dibeli, sekali seumur hidup, tak terulang dengan cara yang sama.

Kesimpulannya, kalau kamu punya kesempatan untuk ikut WYD, ikutlah ! Celebrate it with all your brother and sister in the world ! That will be amazing experience, believe me !

Kalau kamu masih bermimpi untuk ikut WYD dan belum bisa mewujudkannya dalam waktu dekat, tetap bertekun dalam doa. Saya turut mendoakan anda di manapun anda berada. Tuhan punya jalanNya sendiri dan Dia yang akan menggendong engkau sampai memutih rambutmu, Ia juga yang akan membawamu pergi celebrate WYD with Him.

God bless all.

Tidak ada komentar: