Minggu, 28 Oktober 2012

APPLY VISA USA 2

APPLY VISA USA 2

Share ttg apply visa USA via Consulate di Surabaya, Indonesia.

Setelah mendaftar untuk appointment, saya sengaja memilih jam 9.15 wib pagi. Jam 8 kurang saya sudah sampai sana. Saya pikir pasti suruh tunggu di luar, tapi ternyata nggak. Semuanya yang datang dicek oleh petugasnya mengenai surat-surat dan kelengkapannya. Kemudian antri masuk ruangan depan untuk screening barang bawaan. Waktu itu memang saya cuma bawa dompet kecil, handphone, CD foto, dan berkas-berkas dalam bentuk kertas plus foto. Yang diminta titipin alias nggak boleh dibawa ke dalam itu handphone and CD foto. Semua berkas dan dompet, saya bawa masuk. KTP diminta untuk ditukar name tag visitor untuk masuk ke dalam ruang tunggu apply Visa USA.

Masuk ke dalam, di sana ada kursi panjang diluar ruang interview and loket. Di situ duduk deh sesuai antrian di luar tadi. Soalnya kadang kalau di dalam ruangannya penuh, kursinya terbatas sekitar 50 an kalau nggak salah, itu kita diminta menunggu di luar ruangan ya di kursi panjang tersebut yang outdoor. Kalau matahari bersinar terik, memang agak mengganggu sih, karena memang pohonnya juga minim yang tinggi di sekitar situ. Ada fasilitas air minum gratis kran model kayak di Singapore gt lah. Kalau mau ke toilet juga boleh ke dalam.

Setelah masuk ruangan, dikasi nomor antrian. Kita nanti dipanggil sesuai nomer urut, menyerahkan berkas sesuai yang diminta dan dijelasin sebelumnya di blog ini. Kalau tidak ada masalah, anda diminta untuk duduk kembali menanti panggilan interview. 

Pertanyaan interview standard, intinya anda mau ngapain ke Amerika dan apa yang anda lakukan untuk mencapai tujuan tersebut. Kalau anda ke Amerika pasti butuh dana yang tidak sedikit kan, nah anda usaha apa untuk mendapat dana tersebut. Paling garis besarnya sekitaran itu. Interviewnya kurang lebih 3-5 menit. Kalau visa anda goal, anda akan menerima ucapan sbb : "Congratulation your visa has been approved. Have a nice day and Have a nice trip." 

Kalau ketolak, anda akan dijelaskan mengapa anda ditolak melalui syarat2 dalam bentuk tulisan di kertas. Ada dalam bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia dan paspor asli anda akan dikembalikan saat itu juga.

Pelajari baik2 kalau anda belum goal visanya, kenapa dan perbaiki. Niscaya di kesempatan berikutnya kalau tujuan anda memang apa adanya, pasti bisa goal.

Semoga berhasil.

Dan untuk yang keterima visanya, biasanya berlaku 5 tahun multiple entry artinya boleh masuk lebih dari sekali. Cuma ada batasan waktunya bisa dibaca di website homeland security atau website kedutaan Amerika untuk keterangan lebih lanjut. Maksudnya misal anda masuk ke Amerika Januari 2012, ada masanya anda boleh kembali lagi masuk ke Amerika sekian bulan lagi, dst.

Dan gunakan visamu secara bertanggung jawab, jangan memalukan bangsamu. That's all.

Fyi : btw waktu datang kan dibantu sama petugasnya buka tutup pintu masuk, pas pulang buka sendiri pintunya. Beratnya minta ampun. Oya jangan lupa ambil barang bawaan dan ambil ktp anda tukar dengan tag visitor yang tadi diberikan kepada anda.

Tidak ada komentar: