Kamis, 18 Oktober 2012

APPLY VISA USA

APPLY VISA USA

Ini merupakan sharing ttg pengalaman apply visa USA per Oktober 2012.
Saya apply sebagai turis jadi saya apply tipe B2 untuk tourism/medical. Sementara untuk B1 untuk business. Tapi karena sama-sama temporary alias sementara, biasanya B1 dan B2 digabung jadi satu Visa.

1. Isi Formulir DS-160 klik disini
Nanti keluar halaman konfirmasi yang harus anda print. Silahkan kirim juga ke email anda, sehingga apabila nanti anda tidak bisa print saat itu, anda bisa buka email kemudian anda print di kemudian hari/lain tempat.

2. Bayar Fee atau biaya visa seharga 160 $USD  / Rp. 1.520.000 di Bank Permata atau Bank Standard Chartered.  Untuk keterangan lebih lanjut silahkan klik disini. 
Anda diwajibkan untuk membawa print dari Deposit Slip - $160 MRV Fee berupa visa form dengan tanggal yang masih berlaku dan jumlah yang tertera di slip.

3. Buat account dengan nama email anda (ini penting karena halaman confirmation and appointment page yang harus anda bawa pada saat interview akan dikirimkan via email) dan password. Kemudian jadwalkan appointment (nanti akan tampil tanggal dan bulan-bulan yang kosong beserta jam-jamnya). Anda bisa jadwalkan appointment kemari : klik di sini

4. Buat foto ukuran 5x5 background putih (hardware and software, karena software copy cd untuk upload diinternet untuk formulir DS-160, hardware untuk dibawa pada saat interview)
Keterangan untuk kualitas foto bisa dilihat di : klik disini (Banyak studio foto yang sudah tahu untuk syarat visa USA tapi tetap kita harus mengecek dan memastikan dengan ukurannya ya)

5. Print halaman konfirmasi dari no. 1, bawa bukti pembayaran dari no.2, print konfirmasi jadwal wawancara dari no.3, bawa foto ukuran 5x5, paspor (lama kalo punya, dan yang masih berlaku min 6 bulan masa habisnya setelah anda meninggalkan USA nanti). Semua ini wajib bawa. Kalau nggak bawa salah satu, silahkan kecele dan pulang aja karena anda datang ke kedutaan/konsulat juga percuma pasti disuruh pulang karena dokumen tidak lengkap atau malah ditolak visanya (itu kemungkinan terburuk).

6. Nggak perlu repot-repot bawa bookingan tiket, asuransi, dll. Ini menurut saya, karena tidak efektif dan rugi besar kalau visa anda ketolak. Jadi, be realistic aja. Yang penting disiplin dan ikuti semua petunjuk yang ada.

7. Siapkan dan bawa dokumen yang diperlukan tambahan seperti buku tabungan ASLI, Surat Sponsor ASLI (Ini bisa dalam bentuk apa aja. Baik surat sponsor dari perusahaan tempat anda bekerja, surat sponsor dari teman/sodara WN Amerika, surat sponsor dari anak/menantu/orang tua yang membiayai anda, dll)

8. Biasanya kalau paspor anda diminta/belum dikembalikan untuk ditempeli visa, maka anda harus collect your visa di kantor rpx di indonesia sebagai perwakilan delivery service USA visa. Anda bisa cek di : http://www.ustraveldocs.com/id/id-niv-passporttrack.asp
http://www.ustraveldocs.com/id_bi/id-loc-passportcollection.asp
Kondisi pembuatan biasanya berkisar 2-3 hari.
Anda juga bisa mengambilnya di kedutaan/konsulat tempat anda apply (tergantung anda mengisi alamat atau pick up by yourself ketika mengisi jadwal interview)

Yang pasti : 
A. Buktikan bahwa anda ke Amerika untuk tujuan yang jelas. Kalau anda ikut tour silahkan persiapkan bukti deposit dari travel agent dan itinerary (dihapalkan, paling tidak anda tidak buta-buta banget ketika ditanya mau ke Amerika bagian mana aja, trus ada apa anda berkunjung kesana, dll)
B. Buktikan bahwa anda akan kembali lagi ke Indonesia setelah selesai berkunjung ke Amerika. Karena Amerika tidak mau jelas (negara manapun saya kira) dan tidak membutuhkan imigran gelap. Karena persoalan negaranya sudah rumit dan banyak. Sekiranya mereka (dan negara manapun) nggak ingin menambah masalah baru. Ini bisa dibuktikan dengan surat sponsor, surat/bukti aset/harta anda seperti buku tabungan, deposit, surat tanah, SIUP, TDP, dll (tergantung pekerjaan anda apa dan anda ke Amerika dengan harta siapa).
C. Jangan gugup, kuasai diri, percaya diri (tapi jangan kebablasan), jawab dengan pasti dan hanya yang ditanya. Kalau mereka nggak nanya, nggak usah dipanjangin jawabannya. Yang apply banyak, yang interview sedikit, jadi kalau terlalu ribet dan berbelit-belit, mereka akan semakin bertanya macam2 dan semakin mbulet dan semakin membuat capek.


Semua informasi ttg apply visa USA bisa ditemukan di :
http://www.ustraveldocs.com/id/

Silahkan di baca dan dipelajari. Sebelum anda maju, cek lagi kelengkapan dan kemantapan anda.
Tidak harus melalui travel agent, anda bisa maju sendiri dan yakin. Kalau niat anda benar, niscaya granted kok. Saya sudah melampauinya.

Semoga berhasil !





Tips and Trick : (berdasar pengalaman saya, bukan harga mutlak)
1. Ini saya temukan di banyak blog mengenai apply visa Amerika. Soal buku tabungan yang saldo minimal harus 100 juta lah atau harus jangan membuat curiga dengan transferan mendadak dalam jumlah banyak lah, dll.
JAWAB : 
Uang 100 juta tidak menjamin anda granted visa USA. Yang pasti, sudah saya katakan di atas, anda harus qualified untuk membuktikan anda punya itikad baik dan tujuan jelas masuk USA, kemudian anda harus membuktikan anda akan kembali setelah urusan tersebut selesai. Hanya saja, pihak USA juga tidak mau anda sampai terkatung-katung dan susah di sana, oleh karenanya mereka kadang mengecek buku tabungan hanya untuk memastikan anda dapat mendanai kepergian anda kesana. Karena mata uang kita sangat rendah ketimbang dengan mata uang USD. Alangkah baiknya memang anda memiliki dana cukup untuk membiayai anda di sana.

2. Keluarga/Sodara/Teman yang akan menanggung selama anda hidup di sana. Berhasilkah ?!
JAWAB : 
Bisa iya bisa tidak. Menurut saya ini cukup rumit. Contoh anda akan ditanggung selama anda di Amerika, sementara buku tabungan anda/harta anda tidak mencapai 10 juta. Kira-kira kalau anda sebagai petugas interview berkebangsaan Amerika, anda akan mengijinkan warga negara berkembang masuk negara anda yang maju nggak ? Jadi sebaiknya, untuk lebih meningkatkan persentase granted visa, sebaiknya anda harus memiliki biaya cukup untuk hidup selama anda di sana. Berapa ?! Ini nggak ada harga mati. Nggak harus 100 juta, nggak harus 1 M, atau sekian T baru bisa ke Amerika, yang pasti anda pakai saja logika anda dalam hal hidup di sana. Kalau anda bisa beli nasi pecel di sini 5rb rupiah, trus apa bisa 5rb rupiah itu buat beli hotdog di sana ?! Apalagi nasi ! Maksud saya jelas kan !?!

3. Apakah harus lewat travel agent kalau apply visa USA ?
JAWAB : 
NGGAK ! Eitss...tapi tergantung orangnya lah ya. Kalau sudah engkong and emak dan mereka gaptek, ya pake travel agent lebih enak. Yang pasti mereka pasti berduit lebih lah ya umur segitu ingin ke Amerika. Nggak mungkin berani emak engkong yang nggak berduit atau dibiayai pengen kesana.
Secara garis besar saya bilang gn, kalau anda bisa menggunakan komputer dan internet, apply sendiri itu lebih disarankan. Karena anda tidak membuang rugi percuma untuk membayar fee agent travel untuk meng-apply-kan (mereka pasti menarik lebih dari biaya visa untuk fee/ongkos mereka sendiri lah.)
Selain itu, anda dapat melewati proses demi proses sehingga bisa tahu letak dimana kekurangan/kelebihan anda, anda hapal apa yang anda isi sendiri di form, sehingga kalo interview nggak gelagapan. Trus bisa nulis blog share seperti saya.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

kalau saya dan istri saya masing2 punya tabungan di atas 10 jt namun masih dibawah 15 juta, kira2 masih memungkinkan ga buat ajuin visa amrik.

Unknown mengatakan...

Umpama tidak ada random checking sepertinya bisa-bisa aja. Kan nanti petugas interview nya yang menilai. Biasanya disinilah yang tidak dapat diprediksi apakah mereka akan random checking atau nggak. Ada yang udah siapin segala macam gak dicek. Ada yang gak siap malah dicek. Unpredictable.