Kamis, 28 Maret 2013

Menikmati Indonesia

Experience Indonesia

Saya percaya kalau anda ketik “Indonesia” di google, anda akan menemukan banyak sekali referensi. Maka dari itu saya akan menulis blog ini dengan kacamata orang Indonesia sendiri.

Yes ! Indonesia adalah negara kepulauan yang terbentang dari Sabang (terletak di Pulau Sumatera) sampai Merauke (terletak di Pulau Papua-dulu namanya Irian Jaya). Ibukota negara terletak di Jakarta (Pulau Jawa). Pulau di Indonesia banyak. Yang terbesar ada 5. Pulau Sumatera, Pulau Sulawesi, Pulau Kalimantan, Pulau Jawa, Pulau Papua. Yang kecil-kecil banyak sekali kalau disebutkan satu-satu. Diantara jumlah yang banyak itu terdapat pulau Bali yang begitu terkenal di dunia. Ada juga Pulau Madura penghasil garam. Ada juga Nusa Tenggara Barat yang terkenal dengan Gili Trawangan. Pulau Komodo di Flores. Raja Ampat sendiri yang akhir-akhir ini namanya kian harum berada di tanah Papua.

Maskapai nasional Indonesia yang melayani penerbangan baik domestik maupun internasional adalah Garuda Indonesia Airways. Garuda sendiri diambil dari nama burung yang gagah berani dan juga sekaligus sebagai simbol negara kita yaitu Pancasila. Selain itu untuk domestik lainnya ada Citilink (yang notabene anak perusahaan dari Garuda Indonesia Airways), Lion Air (penerbangan domestik yang memiliki jadwal cukup padat saking banyaknya juga mulai merambah melebarkan sayapnya ke mancanegara. Sampai blog ini ditulis, Lion Air telah memiliki rute internasional ke Malaysia, Singapura, Thailand), Sriwijaya Airlines, Indonesia AirAsia. Di luar itu, untuk melayani rute jarak pendek lainnya tersedia maskapai Kartika Air, Susi Air, dan lain-lain. Keterangan bisa dilihat langsung di Daftar Maskapai Indonesia

Kereta api adalah sarana yang sangat populer di pulau Jawa seperti halnya bus. Tapi saya tidak yakin kalau di pulau selain pulau Jawa. Jadi sebaiknya kalau anda sedang tidak di pulau Jawa, anda sewa mobil pribadi atau gunakan transportasi laut seperti kapal, atau transportasi udara seperti pesawat terbang.

Festival di Indonesia banyak. Antara lain ada festival Jailolo di Halmahera (Maluku), ada festival Lembah Baliem (Papua), ada festival Nyale (Lombok), Sail Raja Ampat (Raja Ampat, Papua), ada fashion week Jember Carnaval (semacam pameran busana megah nan unik yang sangat menarik untuk ditonton di Pulau Jawa-tepatnya di kota Jember, Jawa Timur), dan masih sejagat lainnya. Untuk keterangan selengkapnya ada bisa buka di Indonesia Event

Now let me tell you more about Indonesia from my eyes. Indonesia itu negara yang praktis cuma punya 2 musim. Sampai detik ini saya tidak menjumpai musim salju di Indonesia. Jadi bisa dikatakan sepanjang tahun Indonesia tidak pernah kekurangan matahari. Musim di Indonesia hanya ada panas dan hujan. No winter, no spring, no fall. Tanaman beragam jenis bisa tumbuh di Indonesia sepanjang tahun karena cukup matahari. Hanya saja untuk musim hujan, Indonesia akhir-akhir ini sering dilanda banjir. Sehingga banyak tanaman yang rusak diterjang air. Sebaliknya musim kemarau bisa sangat panas dan kering. Sehingga panenan juga banyak gagal. Tetapi tidak mengurangi hari-hari lain dimana Indonesia bisa sangat tepat untuk bercocok tanam.

Indonesia punya kultur penduduk yang ramah dan saling membantu. Tetapi akibat seringkali dikhianati oleh pemerintah (contoh : korupsi, kolusi, nepotisme, ketidakadilan, dan lain-lain), orang-orang sekitar, dan instansi-instansi, kini masyarakatnya agak bergeser ke arah waspada. Tetapi tetap tidak menghilangkan sifat baik dan ramahnya kok. Selalu tersenyum dan ramah, itulah ciri orang Indonesia.

Soal rasis dan perbedaan agama. Bukan manusia yang menciptakan manusia. Tetapi Allah kita yang di Surga yang menciptakan umat manusia dengan amat sangat baik adanya. Diciptakannya perempuan, diciptakannya lelaki, diciptakannya hitam, diciptakannya putih, diciptakannya keriting, diciptakannya lurus. Semua pasti ada maksud dan tujuannya dan semuanya amat sangat baik. Sehingga seharusnya soal rasis ini tidak seharusnya manusia perdebatkan. Toh semarah apapun, sejengkel apapun, ras itu akan tetap ada kalau Allah menghendakinya. For myself, rasis is still exist in everywhere no matter you like it or not. Nggak cuma di Indonesia, setiap negara pasti memiliki konflik seperti ini. Dan Indonesia yang notabene terdiri banyak suku memang sangat rentan terjadi konflik kepentingan seperti ini. Tapi untungnya, karena toleransi kita tetap terjunjung, Indonesia tetap damai. Bhinneka Tunggal Ika (meski berbeda-beda tetapi tetap satu).

Soal agama, di Indonesia secara konstitusi mengakui 5 agama yaitu Katolik, Kristen, Buddha, Hindu, dan Islam. Akhir-akhir ini ditambah dengan aliran kepercayaan Khonghucu (taken from Confusius/Temple and Goddess way). Semuanya memiliki lembaga perwakilan pusat. Akhir-akhir ini banyak konflik dibesar-besarkan melalui media dengan berita yang harusnya segede ikan teri menjadi segede ikan hiu.  Tetapi itu tetap tidak menghalangi para turis untuk menikmati Indonesia secara utuh. Apapun agamamu, we are just human being. Someday, we will die. Tidak peduli anda menganut agama paling gede seduniapun, anda akan tetap mati suatu saat nanti. So, bagaimana kita tetap berbuat baik dan benar, that’s more important !

Mountain ! Yes, Indonesia adalah negara terbanyak yang memiliki gunung berapi aktif di dunia. Hebat kan ?! Jadi kalau anda penyuka gunung atau suka mendaki gunung, ayo ke Indonesia. Dakilah semua gunung berapi kalau perlu. Hahaha... just kidding ! Gunung Merapi di Yogyakarta adalah salah satu gunung berapi yang memiliki daya tarik tersendiri. Nggak hanya gunung, Yogyakarta atau yang lebih sering disebut Yogya adalah kota pelajar di Indonesia. Di sana tepatnya di Magelang ada Candi Borobudur yang sudah mendunia (termasuk 7 keajaiban dunia. Ada Great Wall China, Menara Pisa Italia, Niagara Falls Amerika, Piramida Egypt, Taj Mahal India, Menara Eiffel Perancis).

Untuk soal kriminalitas, yes we also have. Indonesia adalah negara berkembang yang sedang berusaha untuk merangkak naik menjadi negara maju. Dan Indonesia termasuk salah satu negara yang jumlah penduduknya terbanyak di dunia. Memang sih tidak bisa mengalahkan China yang masih menjadi pemegang rekor nomor satu, tetapi tetap saja, Indonesia ini padat penduduk. Lapangan pekerjaan masih belum sanggup melayani 200 juta jiwa ke atas. Jadi banyaklah pengangguran yang menghalalkan segala cara untuk mencari sesuap nasi atau sekedar aktualisasi diri. Di Jakarta, copet, perampok, pembunuhan, dan pemerkosa banyak berkeliaran. Hukum di Indonesia juga masih carut marut dan perlu pembenahan besar-besaran. Tetapi jangan khawatir. Asal anda selalu waspada dan usahakan jangan pulang/keluar terlalu malam, anda akan aman. Tetapi kalaupun anda harus keluar malam/pulang terlalu malam, atau berpergian sendiri, usahakan tetap di tempat ramai. Milikilah selalu nomor penting yang bisa dihubungi atau call centre nomor polisi Indonesia di 110.

And for the last but not least, anda harus mengunjungi Indonesia yang cantik. Seperti belajar naik sepeda, anda tidak akan semudah itu menyerah kan meski anda pernah jatuh dari sepeda ?! So, what are you waiting for ?

Come and feel the best of Indonesia.

Saking banyaknya yang harus didaftar, saya kasih beberapa tempat saja ya. Tidak bermaksud untuk menyanjung satu daerah dan daerah lainnya. Ini hanya opini pribadi saja yang kebetulan saya ingat. Tetapi di luar ini, Indonesia masih punya beratus acara dan tempat menarik untuk di explore.

Must try and Must visit :
Nyepi day, Ngaben, and also you must try Spa at Bali (Bali is number one for good Spa)
Raja Ampat (Papua. you must try to diving and water activity)
Festival Lembah Baliem (Papua)
Festival Jailolo (Maluku/Halmahera Barat)
Jember Carnival (Jawa Timur/East Java)
Solo Batik Carnival (Jawa Tengah/West java. Solo is near from Yogyakarta)
Monas (Jakarta)
Yogyakarta (You will like the culture and situation. You can learn Javanese culture)
Surabaya (Heroes Statue/Tugu Pahlawan, House of Sampoerna <House of Sampoerna have heritage tour. You can apply for free>, Suramadu Bridge)
Bandung (Tangkuban Perahu, Kawah Putih, Ciwalk, Lembang, and you also try snack from Kartikasari)







Tidak ada komentar: