Minggu, 20 April 2014

Kuala Lumpur for Beginner

Kuala Lumpur Untuk Pemula

Tips untuk traveler pemula ke Kuala Lumpur :

1. Ada 2 bandara di Kuala Lumpur yaitu KLIA and LCCT. LCCT for AirAsia. Jadi kalau naik maskapai AirAsia dipastikan mendarat pasti di LCCT. Per mei 2014 rencananya Airasia akan pindah ke KLIA 2. Tapi dunt worry, banyak transport menuju kota Kuala Lumpur (bandara KL ada di daerah Sepang/pinggir kota). By bus, by train, by taxi, atau charter van. Biaya termurah masih dipegang oleh by bus. 
Karena tulisan ini dibuat sebelum AirAsia pindah ke KLIA 2 maka saya share yang ada dulu ya. Khususnya yang naik AirAsia dan turun di LCCT. Bus ke kota by skybus atau aerobus harga 10 RM sekali jalan per org. Tapi kalau naik AirAsia sebaiknya beli via website nya karena kalau di rate kan tidak sampe 10 RM. Lumayan menghemat kalau berpergian banyak orang dan sering-sering. SKY BUS warnanya merah, letaknya dekat dengan coffebean. Dari coffebean, bisa dilihat pool bus nya. Atau pilihan yang lain warna kuning juga boleh. Carilah tujuan LCCT-KL Sentral (kalau hendak ke tengah kota). Karena KL Sentral adalah pusat segala transportasi ditengah kota KL. 
April 2014 saya beli tiket skybus via website tergabung bersama tiket pesawat Airasia seharga 23 ribuan rupiah sekali jalan per orang. Atau kurang lebih sekitar 6-7 ringgit. 

2. Tune LCCT bisa terlihat dari pintu depan coffebean. Bisa jalan kaki, bisa numpang frre shuttle dari hotel. Bisa dibuat tambahan alternatif untuk menginap. Atau kalau merasa rate nya kemahalan, bisa cari hotel-hotel di bukit bintang. Cara ke Bukit Bintang, dari LCCT naik bus ke KL Sentral, dari KL Sentral naik monorail ke Bukit Bintang. 

3. Menara Petronas. Cara ke Petronas dari KL Sentral naik LRT Kelana Jaya menuju Gombak turun di KLCC. Nah stasiun ini persis di bawah Petronas, sehingga jalan nggak jauh-jauh seperti naik monorail. Mall Suria KLCC ini kakinya Petronas. 

4. Putrajaya Area. Dari LCCT naik KLIA Transit turun di Putrajaya-Cyberjaya stasiun. Stasiun ini gabung dengan terminal Putrajaya Sentral. Selanjutnya bisa naik bus Nadi Putra putar keliling sesuai dengan Presint/wilayah yang hendak dituju di Putrajaya area. Atau alternatif lain bisa juga dari KL Sentral ke Putrajaya naik ERL atau by bus E1 (pasar seni-Putrajaya sentral). Di Putrajaya ada bus tour jam 11 pagi - 3 sore. Ancer-ancernya keluar dari ERL Putrajaya didepan ada counter kecil untuk registrasi.

5. Batu Caves. Dari KL Sentral naik KTM commuter rute Batu Caves (Port Klang - rute terakhir). 

6. Pemegang paspor Indonesia berkunjung sebagai turis tidak membutuhkan visa untuk masuk Malaysia. Tapi terkadang ada random check buat pemeriksaan tiket pulang, jadi usahakan sebaiknya milikilah tiket pulang atau tiket tujuan lainnya (pokoknya keluar Malaysia). Soalnya yah seperti yang kita tahu banyak penyalahgunaan ijin tinggal dan persoalan TKI ilegal lainnya. 

7. Mata uang Malaysia adalah Ringgit. 1 Ringgit Malaysia (RM) kini berkisar antara 3600-3700 Rupiah.

8. Kebanyakan orang Malaysia tahu dan bisa bahasa Inggris. Kalau anda tidak bisa bahasa Inggris, gunakan bahasa sendiri juga mereka tahu. Beda-beda sedikit arti dan pengucapan dengan bahasa Indonesia.

9. Imigrasi LCCT seringnya tak pernah sepi. Meski begitu mereka cepat melakukan tugasnya. Jadi nggak bakal antri lama-lama di imigrasi kok. 

Have Enjoy your trip !



4 komentar:

Unknown mengatakan...

Wow..nice info! Tuker uang rupiah ke ringgit jauh lebih baiknya dimana ya?

Unknown mengatakan...

lokasi ente dimana mbak ? kalo di sby ke lanina aja di dharmahusada. rate nya bagus. kalo di jakarta, kurang tahu. biasanya gue sering nuker di bandara di deket roti boy itu. tapi rate nya agak-agak up-up. atau cari deh di lokasi-lokasi tertentu yg jual roti2 dan penganan biasanya jual juga. tapi gak resmi. beresiko sih cuma kalo dpt bagus rate nya kenapa gak.

Unknown mengatakan...

hai mau nanya dong, kalo dari kl sentral ke bukit bintang enaknya pake apa ya? yg recommended...

trims :D

Unknown mengatakan...

bus go kl ada rutenya bisa cek google