Minggu, 20 April 2014

Hongkong

Hongkong

Hongkong for beginner 

1. Bandara Hongkong sangat nyaman untuk transit maupun tidur semalam kalau punya flight dini hari dan malas atau hemat. Siap-siap jaket karena cukup dingin. Meski belum selengkap Changi tetapi cukup banyak restoran untuk mengganjal perut kalau lapar dan wifi plus air minum gratis.

2. Area Hongkong hip terkenalnya di Tsim Sha Tsui. Untuk menuju area Tsim Sha Tsui dari bandara caranya naik bus A21 (lepas dari jam 12 malam bus N21) seharga 33 dollar Hongkong sekali jalan. Tergantung anda turun dimana. Biasanya backpacker menginap di Chungking atau Mirador Mansion di Tsim Sha Tsui. Tapi saya menyarankan cobalah di Golden Crown (area Tsim Sha Tsui juga, beda blok saja). Cukup aman, nyaman, dan banyak makanan disekitarnya. Samping kanan-kirinya bank Standard Chartered and Citibank. Jalan 1 menit sudah MRT. Depan jalan bus stop. Nyebrang jalan juga bus stop. 
Petunjuk ke Golden Crown : dari bandara naik bus A21 turun di perhentian ke 13 Tsim Sha Tsui. Jalan lurus sedikit lewat perempatan keliatan Citibank dan Standard Chatered, nah gedung Golden Crown si tengah-tengahnya. Masuk aja. Ada hostel-hostel diatasnya antara lain golden crown, wonderful inn, yiu fai guesthouse. 

2. Bagi pemegang paspor Indonesia ke Hongkong untuk tujuan wisata tidak memerlukan visa. Mata uang Hongkong adalah Dollar Hongkong. Sekarang dollar hongkong berkisar di 1700-1800 rupiah. 

3. Begitu datang di airport Hongkong belilah Octopus Card. Karena untuk naik transportasi di Hongkong sangat membantu. Bahkan beli makanan dan minuman di banyak tempat juga bisa menggunakan kartu ini. Deposit 50 dollar mengendap pasif, yang bisa digunakan 100 dollar. Jadi sekali beli kartu 150 dollar hongkong. Apabila nanti waktu pulang hendak dikembalikan bisa direfund 50 dollar depositnya dikurangi biaya admin 9 dollar. Jadi misal sisa 10 dollar aktif trus depositnya 50 dollar pasif. Berarti refund yang didapat apabila kartunya dikembalikan 51 dollar. Kalau tidak mau dikembalikan alias untuk kenang-kenangan ya monggo. Cuma aturannya kalau dalam waktu 1000 hari tidak ada pengisian, maka kartu akan di-deaktivasi.

3. Kowloon Ferry Terminal
Bagi yang ingin mengunjungi Makau lewat Hongkong dan menginap di Tsim Sha Tsui, Kowloon Ferry Terminal paling dekat ketimbang Ferry Terminal di Sun Tak Centre. Caranya ke Kowloon Ferry Terminal dari Golden Crown : depan Golden Crown sebrangi jalan, terus sampai mentok lalu belok kanan. Trus aja sampai ketemu gedung tulisan Ferry Terminal. Perkiraan jalan orang Indonesia 10-15 menit. Gedungnya seperti gedung perkantoran. Jadi jangan cari model loket ditepi pantai ya. Sampai di gedung itu, masuk dan naik lift ke lantai 1 untuk keberangkatan. Lantai 2 untuk kedatangan. Kalau beli tiket langsung aja ke lantai 1. Ada banyak pilihan yaitu Cotai Jet, Turbo Jet, China Ferry. Harga berkisar antara 160-300 dollar hongkong. Tergantung weekdays, weekend, kelas, midnight atau nggak. 

4. Avenue of Stars
Dari Golden Crown (keluar gedungnya) tinggal belok kiri jalan terus sampai ketemu MRT East Tsim Sha Tsui masuk ke dalamnya dan baca petunjuknya jelas. Atau bisa juga dari Golden Crown turun ke MRT sebelah gedung, jalan di bawah ke arah East Tsim Sha Tsui. Avenue of Stars mirip dengan deretan tapak tangan yang dipasang dijalan seperti di Los Angeles. Tapi ini isinya bintang-bintang Hongkong dan sekitarnya yang terkenal seperti Jackie Chan, Andy Lau, Michele Yeoh, Brigitte Lin Ching Sia, Maggie Cheung, Wong Kar Fai, dll. Ada juga patung yang terkenal ikonik adalah Bruce Lee.

Bersambung...

Tidak ada komentar: