Sabtu, 13 Oktober 2012

VISITING SEOUL 1

VISITING SEOUL

TIPS AND TRICK VISITING SEOUL 1

1. Tempat yang hip alias "hidup" di Seoul adalah sbb : 
  • Dongdaemun 
 Semua penikmat korea drama, variety show, acara tv, penggemar kpop pasti tahu tempat ini. Oleh karenanya jadi area wajib kunjung tiap kali datang ke Seoul. Khususnya malam hari. Karena banyak toko dan kaki lima penjaja makanan yang buka sampe pagi. Sangat lezat, ada berbagai macam makanan yang siap untuk anda cicipi macam tteoppokki, gimbab, dll
  • Namdaemun
 Area Namdaemun ini sangat hip karena anda akan menemukan segala macam yang anda cari di sini. Include pernak-pernik kpop. Banyak toko yang menjual pernak-pernik kpop namun anda harus hati2 karena harganya sangat bervariatif. Bisa jadi anda mendapatkan harga lebih mahal atau lebih murah di tempat lain. Yang pasti banyak sekali penjual makanan bbq dan buah-buahan segar siap santap di pinggir-pinggir jalan yang bisa anda nikmati dengan berkisar 2000-3000 won. Harga hoodies atau pernak-pernik lainnya sangat bersaing. Jangan lupa menawar.
  • Myeongdong
 Mulai buka rata-rata jam 10 pagi sampe jam 8 malam. Namun inilah tempat anak muda Korea bercampur turis berbaur dan saling menikmati jalan pedestrian yang ada. Banyak penjaja makanan kaki lima, ada mall, hotel, resto-resto khas korea, Nanta Theater (pertunjukan Nanta yang terkenal juga ada di area ini), dan Music Store (tempat pembelian cd musik kpop asli dengan harga lumayan bersaing ketimbang yang lain). Nggak rugi pokoknya.
  • Gwanghwamun
 Ini area turis. Tau kan ikon Seoul dengan Raja dan Panglimanya dipamerin di pinggir jalan. Yup King Sejong and Panglimanya. Waktu saya berkunjung kemari Chuseok kemaren, di lapangan di pinggir jalan banyak sekali atraksi. Area Gwanghwamun ini sangat dekat dengan area Gyeongbukgung Palace. Jadi bisa sekalian melihat2. Toko buku paling gede dan terkenal "KYOBO" juga di area ini tersambung dengan subway bawah tanahnya. Kalau mau cari DALI MANJO (snack Manjo yang bolu ditengahnya ada fla mini) di sini nih tempatnya. Paling enak dan paling murah. Cuma 2000 won aja. Tempatnya di pintu keluar subway.
  • Hongdae
 Lokasinya yang dekat dengan Universitas Honggik jadi incaran anak muda untuk bergaul dan menghabiskan malam. Area ini dipenuhi banyak hostel sehingga banyak sekali restoran, pub, bar, bbq place buka sampe dini hari. Nanta Theater juga ada di sini sehingga kalau anda ingin menyaksikan tidak perlu jauh2 ke Myeongdong. Sangat disarankan untuk yang berbudget cekak karena banyak pilihan hostel bersih dan murah. Hanya saja kalau anda sering menggunakan subway bukan line hijau, ini agak sedikit merogoh kocek karena hongdae berada di area hijau.
  • Seoul Station
     Seoul Station ini subway station paling rame di Seoul. Bisa dikatakan semua pertemuan line hampir terjadi di sini. Hindari jam-jam berangkat kantor dan pulang kantor, dijamin pasti akan berdesak-desakkan di kereta. Selain itu anda bisa menghabiskan banyak waktu menunggu keramaian mereda dengan mengunjungi Lotte Mart yang besar dan menyediakan groceries macam Giant atau Carefour gt di Indonesia. 
     Jangan kuatir, harga lebih murah dibanding di mini mart macam 7eleven, mini stop, gs25, dll. Perbandingan harga mineral water di lotte mart 200-300 won. Sementara anda membeli di mini mart yang biasanya banyak ditemukan dijalan-jalan sekitar 500-800 won up. Lotte Mart juga memberikan fasilitas self service jika anda membeli banyak dan ingin mengepaknya dengan dus. Sekali lagi self service. Lotte Mart hanya menyediakan dus dan berbagai macam tali dan isolasi/plakban di sana. Apabila anda purchase diatas 30000 won, anda bisa klaim duty free yang sudah ada di resi petunjuk yang ada di struk pembelanjaan anda.
  • Cheongyangni Station
Sebenernya saya kesini juga karena nggak sengaja naik korail express dari Gapyeong habis dari Nami Island. Korail itu Korean Railway Express karena kalo kereta di subway suka berhenti di setiap perhentian. Yang ini nggak berhenti di setiap perhentian, hanya perhentian tertentu sesuai dengan schedule. Pas mau tukar kereta akan ke Seoul Station, nggak sengaja malah keluar dari Cheongyangni Station. Nah, di sini ternyata juga rame. Ada lotte dept store dengan banyak lantai. Kebetulan waktu itu masuk musim dingin, jadi dijual jaket-jaket musim dingin bagus2 dengan harga miring. Banyak bus dan taxi di area ini jadi jangan kuatir untuk tidak bisa kembali. 

PS : untuk keterangan Seoul lainnya, saya posting berikutnya ya.

Tidak ada komentar: